Sabtu, 17 Oktober 2009

ARTIKEL

VERSI TERBARU DARI OPERA (Versi 10.00)

Web Browser yang dikenal saat ini adalah suatu software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software ini kini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis. yang dimaksud dengan server web adalahkomputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web.

Dapat dikatakan saat ini banyak web browser yang popular dengan fitur-fitur atau layanan-layanan berbeda dan bersaing untuk merebut pemakainya.

Pada dasarnya alur atau cara kerja suatu web browser sama dengan cara kerja web browser yang lainnya dimana tiap web browser akan berkomunikasi melalui jaringan internet(TCP/IP) dengan server web, menggunakan HTTP. browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memberikan dokumen layanan jika tersedia juga dengan menggunakan protokol HTTP.

Beberapa web browser yang popular saat ini antara lain: internet explorer,safari,firefox,chrome dan opera. dimana masing-masing web browser tersebut saling berpacu,berlomba-lomba saling menonjolkan keunggula-keunggulannya disertai dengan versi-versi terbarunya.

Untuk web browser internet explorer(IE). dari beberapa versi mulai dari Internet Ekplorer.1 , Internet Eklporer.2 sampai Internet Ekplorer.8. begitu dengan web browser yang lainnya.

Disini akan lebih dibahas tentang web browser Opera, dimana baru-baru ini mengeluarkan versi terbaru dari Opera yaitu opera.10.00, tentunya dengan fitur-fitur atau layanan-layanan terbaru dan menarik, yang bias meningkatkan daya saing antar web browser yang lainnya.

Inovasi dan kreativitas sangatdi anjurkan untuk selalu exist dan bisa meyakinkan user untuk selalu menggunakan browser web Opera.

Opera denga versi terbarunya ini mendapat skor nilai 100/100 dari test ACID3.

ACID3 adalah layanan gratis yang dikeluarkan oleh web standar project dalam sebuah halaman web intuk menguji web browser yang menangani khususnyaberkaitan dengan DOM dan Javascript.

Dengan demikian mendapatkan nilai tambah bagi Opera untuk meyakinkan user untuk menggunakannya. fitur-fitur pendukung Opera dengan versi terbaru ini adalah:richt text e-mail, fitur auto update, fitur crashlogging tool, fitur inline spell, checker, fitur proxy server Opera Turbo, HTML 5, XML”pretty printing”, fitur ekstra skinning. dengan versi ini opera hadir lebih stabil dibandingkan versi seebelumnya

Spesifikasi minimum: windows 2000

Ukuran file: 6.6 MB

Nama file: Opera_1000_en_setup.exe

SUMBER BACAAN : TABLOID KOMPUTER TERLARIS DI DUNIA PC MILD, edisi 20/2009. 8-21 oktober 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar