Jumat, 23 Oktober 2009

Sistem Informasi Mesin ATM

1. Pendahuluan

Suatu mesin jika tidak dikendalikan oleh seorang mekanisnya maka mesin akan vakum atau diam tidak melakukan apa-apa, sebaliknya mesin akan berguna dan mempunyai banyak manfaat jika dijalankan sesuai kemampuan dan fungsi mesin tersebut.

Keikutsertaan suatu Teknologi menjadi acuan dasar dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu sistem. Peran serta dalam proses melengkapi suatu sistem dengan sistem yang lain akan dapat menghasilkan sesuatu yang baru.sitem

Mesin adalah perangkat keras yang mempunyai fungsi khusus dan terbatas.untuk melengkapi keterbatasan tersebut bisa dipadukan dengan sistem yang lainnya yang bisa suport dan kompitable dengan mesin tersebut. Proses terekomputerisasi misalnya, bisa diandalkan untuk menghasilkan suatu sistem yang baru dan menjadikan sistem tersebut menjadi lebih efisien

Sebagai pertimbangan manusialah yang mengelola sistem tersebut menjadi suatu yang beguna karena pada dasarnya mesin dengan sistem komputer tidak bisa berdiri sendiri tanpa ada campur tangan manusia.

Setelah perancangan suatu sistem tersebut telah siap pakai dapat dipastikan suatu sistem yang baru tersebut bisa digunakan . lebih-lebih jika suatu sistem tersebut menjadi suatu sistem yang tepat guna, yaitu bisa dinikmati oleh berbagai kalangan pengguna.

Mesein ATM yang saat ini merupakan sarana yang sangat tepat yang bisa memudahkan para nasabah untuk bisa bertransaksi pada suatu bank tanpa harus datang ke Bank yang bersangkutan. Mengingat suatu kondisi suatu bank yang penuh dengan antrian yang memakan banyak waktu. Yang membuat para nasabah menjadi tidak efisien waktu.

Dengan adanya mesin ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan diatas dan bisa menjadikannya efisien waktu meskipun terkadang masih banyak terjadi antrian pada suatu mesin ATM, setidaknya tidak sebanyak antrian yang ada pada Bank

Hal ini memudahkan para nasabah yang ingin melakukan transaksi mulai dari transaksi yang rumit sampai transaksi yang mudah. Sebagai contoh, seorang mahasiswa ingin mengecek saldo ATM, apakah sudah dapat kiriman atau belum. Tentunya hal yang mudah ini tidak perlu lagi harus pergi ke Bank hanya untuk mengecek saldo rekening.

2. Deskripsi

Mesin ATM adalah suatu siatem mesin yang telah terekomputerisai. Dimana dalam mesin tersebut menyediakan layanan-layanan kegiatan transaksi . mesin ini menyediakandigit-digit-atau tombol-tombol menu pilihan yang bisa memudahkan pengguna (user) berinteraksi dengan mesin tersebut.

Berbagai kegiatan transaksi yang bisa dilakukan mesin ATM dapat berupa PenarikanTunai, Membayar Tagihan Rekening: Listrik, Telepon, dan Air. Transfer rekening, informasi Saldo dll. Semua menu-menu tersebut telah disusun dan terkomputerisasi dalam mesin tersebut.

Syarat utama untuk bisa bertransaksi pada suatu mesin ATM adalah telah memiliki kartu ATM yang telah diberikan oleh pihak Bank kepada Nasabah.

User tidak bisa langsung menggunakan kartu ATM tersebut sebelum pihak Bank yang bersangkutan memberikan notifikasi dan aktivasi kartu. Pihak Bank akan memeberikan berupa kode PIN standar yang menjadi acuan dasar untuk bisa menggunakan kartu tersebut.

Ketika User ingin melakukan transaksi di suatu mesin ATM, maka terlebih dahulu ia harus meyakinkan bahwa cara atau prosedur memasukan kartu ke mesin secara benar.

Mesin akan membaca kartu dan akan merespon permintaan kita. Jika terjadi suatu kesalahan, mesin akan memeberikan konfirmasi atau pesan yang dapat berupa perintah-perintah yang ada dilayar mesin atau mesin tidak akan menerima karti jika kartu yang dimasukkan tidak sesuai denga prosedur. Mesin juga akan melacak/ membaca kartu apakah jenis kartu tersebut kompitable dengan mesin atau tidak.

Setalah prosedur pertama diterima oleh mesin, akan ditampilkan pilahan awal untuk memilih bahasa yang digunakan mesin untuk bisa memudahkan kita bertansaksi. Menu pilihan Bahasa ada dua pilihan(indonesia dan inggris)

Selanjutnya mesin akan meminta user untuk menginputkan digit PIN standar yang diberikan Bank atau PIN yang telah diubah oleh penggunanya. Proses menginputkan PIN disarankan terjamin kerahasiaan kode tersebut untuk menghindarai pelacakan pin yang dapat merugikan nasabah.

Jika PIN diterima mesin, selanjutnya tinggal memilih menu-menu yang ada pada mesin teresbut. Beberapa menu pilihan yang disediakan oleh mesin ATM adalah:

· Penarikan Tunai

· Pembayaran tagihan rekening

· Proses ubah PIN

· Informasi Saldo

Biasanya menu awal yang ditampilkan di layar adalah Penarikan Tunai yang memiliki sub-sub menu pendukung yaitu sajian beberapa pilihan jumlah penarikan.dan user juga bisa mengambil alternatif lain yaitu menginputkan jumlah penarikan sesuai denga kelipatan yang disesuaikan oleh mesin tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar